Senin, 20 Maret 2017

AmigaOS

Sejarah AmigaOS

            AmigaOS LogoAmiga Inc didirikan pada tahun 1982. Amiga dikembangkan pertama sebagai konsol game, Amiga dirancang dari jiwa ayah nya Jay Miner merupakan komputer yang lengkap. Dasar perangkat keras dikembangkan dan dipasarkan sendiri.
            Amiga diperkenalkan untuk pertama kalinya pada 4 Januari 1984. Amiga Inc dibeli oleh Commodore sepenuhnya pada September 1985 dan disajikan Amiga 1000 siap dijual. Dia sangat baik dirancang untuk tugas-tugas multimedia seperti musik dan video dengan penanganan 4.096 warna, suara stereo, chip video, teks sintetis untuk konversi suara, 16 warna adalah (EGA) standar di daerah PC saat itu. Dalam Boing terkenal! Demo teknologi satu bola merah Whitely diperiksa didorong dalam 3D terdengar sampel dalam ruang virtual. Demo ini menjadi terkenal dan bola mendapat terikat erat dengan Amiga sebagai merek dagang karena ini. Commodore memutuskan untuk lisensi Tripos sistem operasi yang sudah ada (Sistem Operasi sepele Portable) dari MetaComCo pada tahun 1984 dan untuk membuat antarmuka pengguna baru oleh pengembang.
            Layar resolusi video di komputer Amiga pertama dengan OCS (chip set asli) dapat dikonfigurasi dari 320x256 menjadi 736 x566 pixel dalam mode PAL dan 320x200 untuk 736 x482 piksel (overscan) dalam modus NTSC. Resolusi layar video adalah individual disesuaikan dengan monitor dengan metode overscan hingga batas. Pada prinsipnya, palet warna diwakili didefinisikan dari 4096 warna. Layar video dengan LowRes atau Hires diwakili dengan 16 warna, 32 warna, dalam modus EHB dengan 32 warna asli dan 32 warna dengan kecerahan yang lebih rendah. Dalam modus HAM6 tampilan layar ini didukung oleh 4096 warna. OCS diambil dari oleh ECS (chip set Disempurnakan) dalam model Amiga kemudian sejak tahun 1988. Ini memperpanjang resolusi mungkin dari 1280x256 ke 1440x566 pixel dalam mode PAL dan 1280x200 untuk 1440x482 piksel (overscan) dengan SuperHires dalam modus NTSC tetapi hanya sampai dengan 64 warna asli. Penerus dari ECS adalah chip AGA set yang digunakan dalam model Amiga pada tahun 1992. Palet warna diterapkan didefinisikan dari 16,7 mio. warna. Semua resolusi dapat diwakili sekarang dengan 256 warna, dalam HAM8 bahkan dengan 262.144 warna. Selanjutnya modus EHB didukung (warna jumlah dua kali lipat dengan perbedaan kecerahan).
            Karena manajemen gagal dan dari penjualan yang buruk angka Amiga Inc diakuisisi oleh Escom pada tahun 1995, setelah negosiasi panjang dengan pesaing banyak dan manajer kebangkrutan untuk sekitar 12 juta dolar. Satu tahun kemudian datang ke Escom jelas oleh salah perhitungan dan untuk Expandition cepat menjadi bangkrut. Comtech masih Escom diperoleh pada tahun yang sama. 1997 terjual bagian Amiga termasuk hak untuk Gateway 2000. Pada tahun 2000 Gateway dijual lagi hak dari Amiga di sebagian besar untuk perusahaan amino, yang kemudian disebut sebagai Amiga Inc.
            Amiga OS perlu persyaratan perangkat keras hanya kecil dan berjalan pada perangkat keras Amiga dengan Motorola 68K CCU. Sejak tahun 1997 ada ekstensi dengan PowerPC 603e dan 604e-CPU. Amiga OS dikendalikan oleh preemptive multitasking, dalam chip 512-KByte Roma (Kickstart) tinggal inti seluruh OS. Sebagai GUI Workbench yang digunakan. Para Amigas dari rangkaian 1985-1991 4096 bisa mewakili warna yang berbeda, namun itu hanya sebagian kecil (8 sampai 16) secara bersamaan. Sejak 1991 (AGA Chipsatz) ada simultan 16 juta warna, itu 4096 pada saat yang sama. Opsional untuk waktu yang lama Amiga dapat ditingkatkan dengan kartu grafis, sejak tahun 1998 juga dengan 3D-akselerator. Sistem file internal adalah FFS.
            Pegasos / MorphOS Pegasos komputer sistem ini developedand dijual oleh perusahaan Bplan (sebelum Phase5) di Bundle dengan MorphOS sistem operasi yang kompatibel Amiga. Amiga OS 4 tidak berjalan di Pegasos dan MorphOS tidak berjalan di AmigaOne tersebut. Lebih lanjut tentang MorphOS.
            Perbarui 2002: Dengan AmigaOne platform baru dikembangkan dari Eyetech adalah sebuah komputer efisien dengan PowerPC CPU yang tersedia yang harus dibundel dengan Amiga OS 4 dari Hyperion setelah selesai nya.
            Pembaruan Januari 2004: AmigaOne ini sekarang avaiable dengan rilis pra-of Amiga OS, alternatif dengan PPC G3 atau G4 CPU. Amiga OS 4.0 berisi dibandingkan dengan Amiga OS 3.9 hal baru berikut. Kernel sistem operasi ini disebut Exec SG (generasi kedua), yang menjadi peningkatan kinerja dengan menghilangkan titik-titik lemah dan portation lengkap dari kode sumber dari arsitektur 68k untuk Power PC. Sebuah emulator membuatnya lebih mungkin untuk menjalankan program 68k dalam modus ditafsirkan untuk kompatibilitas atau dalam modus JIT untuk kinerja maksimum. Sistem-kritis rentang memori sekarang kawasan lindung, SMP, Multithreading dan rentang alamat tersendiri (masih dinonaktifkan) yang sebagian didukung sekarang. Kisaran menangani selesai virtual, yakni dapat lebih besar dari RAM yang tersedia, paging pada removable disk non juga mungkin. API ini mendapatkan lebih dari 50 fungsi baru, TCP / IP dan PPP sopir benar-benar direvisi. File Amiga sistem FFS2 telah ditingkatkan.
            Update: 2004/03/15 Menurut siaran pers dari Amiga Inc, Amiga OS sekarang dijual ke KMOS Inc dengan semua hak, kode sumber dan versi dengan Amiga OS. Amiga Inc ingin berkonsentrasi dari sekarang pada pasar ponsel. Amiga Inc mengakuisisi selain jaringan Kapasitas perusahaan dari Finlandia, yang khusus dalam solusi penyimpanan data. Dengan tambah pengetahuan Amiga Inc ingin mengembangkan Amiga diperpanjang dan dijamin OS untuk perangkat mobile. KMOS melanjutkan berkembang di Amiga OS 4.0 dan perangkat keras tanpa melanggar kontrak yang ada dengan Hyperion atau perusahaan mitra lainnya. Amiga Inc menjaga hak atas nama Amiga dan kekayaan intelektual.
            Rilis terakhir dari AmigaOS 4.0 diterbitkan oleh Hyperion Hiburan pada 2006/12/24. Sebuah versi preview sudah tersedia pada bulan Mei 2004. Manajemen memori telah bekerja terlalu keras dan kompatibilitas dan kinerja emulator 680x0 ditingkatkan. Perangkat USB kini didukung langsung oleh sistem operasi. Sayangnya, Eyetech telah menyerah produksi AmigaOne karena kebangkrutan dari pemasok.

Karakteristik

- Menyederhanakan patch fungsi sistem
- Mendukung tipe data tambahan oleh "Plugin" untuk grafis, teks, audio, video,format     (karena OS 3.x)
- Audio output dengan filter lowpass terpadu (LED)
- DefIcons, ikon bebas didefinisikan untuk setiap file, bukan hanya setelah ekstensi file (perangkat lunak pihak ketiga)
- Sejak AmigaOS 1.0 otomatis deteksi hardware, plug n play (autoconfig)
- Dual playfield modus grafis untuk beberapa pesawat (permainan)
- Output suara juga dengan gerakan aksen, antusiasme dan mulut
- Sejak versi 2.x AmigaOS juga memiliki proteksi memori dengan Enforcer atau CyberGuard (dengan MMU) perangkat lunak pihak ketiga

  Definisi AmigaOS

AmigaOS atau Sistem Operasi Amiga adalah salah satu OS yang paling tua dan merupakan sistem operasi asli default dari komputer pribadi Amiga., versi mutakhir dari OS ini cukup modern. AmigaOS hanya dapat beroperasi di perangkat keras berbasis PowerPC.
Sistem ini pertama dikembangkan oleh Commodore International, dan awal diperkenalkan pada 1985, yaitu Amiga 1000. Sistem ini berjalan pada seri Motorola 68k dari mikroprosesor 16-bit dan 32-bit, kecuali untuk AmigaOS 4 berjalan pada mikroprosesor PowerPC.
Di puncak kernel preemptive multitasking yakni Exec, ia melibatkan suatu abstraksi perangkat keras unik Amiga, suatu sistem operasi disket yang disebut AmigaDOS, sebuah sistem berjendela API disebut Intuition dan dengan antarmuka pengguna grafis disebut Workbench. Sebuah command line interface disebut AmigaShell juga tersedia dan terintegrasi pada sistem. GUI dan CLI saling melengkapi dan berbagi keistimewaan.


Komponen AmigaOS terbagi menjadi:

a.  Kickstart
Di dalam ROM mengandung kode yang diperlukan untuk booting perangkat keras Amiga standar dan banyak komponen inti AmigaOS. Fungsi Kickstart sebanding dengan BIOS ditambah kernel Windows utama di dalam IBM PC compatible. Tetapi, Kickstart memberikan fungsionalitas yang lebih banyak pada saat boot daripada yang sejenis yang diharapkan di PC, misalnya, lingkungan penuh jendela.
Kickstart adalah ROM bootstrap. The Kickstart berisi kode yang diperlukan untuk hardware boot Amiga standar dan banyak komponen inti dari AmigaOS. Fungsi Kickstart adalah sebanding dengan BIOS ditambah dengan kernel sistem operasi utama di IBM PC compatibles. Namun, Kickstart menyediakan fungsionalitas yang tersedia pada saat boot dari yang biasanya diharapkan pada PC, misalnya, lingkungan windowing penuh.
The Kickstart berisi bagian saham banyak sistem operasi Amiga, seperti Exec, intuisi, inti dari AmigaDOS dan fungsionalitas untuk menggunakan hardware AutoConfig ekspansi. Ini berarti bahwa powered-on Amiga sudah banyak bagian penting dari sistem operasi yang tersedia. Kemudian versi dari Kickstart berisi driver untuk kontroler IDE dan SCSI, port PC card dan berbagai perangkat keras lainnya yang datang dibangun ke Amigas. setelah start-up atau mengatur ulang Kickstart melakukan sejumlah pemeriksaan diagnostik dan sistem dan kemudian menginisialisasi chipset Amiga dan beberapa OS komponen inti. Hal ini kemudian akan memeriksa perangkat yang tersambung boot dan berusaha untuk boot dari satu dengan prioritas boot tertinggi. Jika tidak ada boot device hadir layar akan ditampilkan meminta pengguna untuk memasukkan boot disk - biasanya sebuah floppy disk.

b.  Workbench
Workbench adalah lingkungan desktop grafis asli untuk komputer Amiga. Workbench bukanlah sistem operasi, itu hanya sebuah lingkungan desktop yang berjalan di atas AmigaOS. Lingkungan Workbench tidak harus dimuat untuk perangkat lunak untuk menjalankan. Bahkan, untuk mengambil alih hardware Amiga dan menyimpan semua memori dan sumber daya kepada diri mereka sendiri, banyak permainan boot langsung dari Kickstart (menggunakan bootblock kustom pada floppy disk).
Workbench adalah file manager dan lingkungan desktop grafis asli AmigaOS. Meskipun Workbench istilah awalnya digunakan untuk merujuk pada seluruh sistem operasi, dengan merilis AmigaOS 3.1 sistem operasi berganti nama AmigaOS dan kemudian Workbench mengacu pada desktop manager saja.



Seperti namanya, metafora meja kerja yang digunakan, bukan yang dari desktop; direktori digambarkan sebagai laci, file executable adalah alat, file data proyek dan widget GUI gadget.
c.  Kernel
Exec adalah kernel multi-tasking dari AmigaOS. Exec menyediakan fungsionalitas untuk multi-tasking, alokasi memori, penanganan interupsi dan penanganan shared library yang dinamis. Karena berfungsi sebagai scheduler untuk tugas-tugas yang berjalan pada sistem, menyediakan pre-emptive multitasking dengan prioritas penjadwalan round-robin.
d.  AmigaDOS
AmigaDOS menyediakan bagian sistem operasi disk dari AmigaOS. Ini termasuk file sistem, berkas dan manipulasi direktori, baris perintah antarmuka, berkas pengalihan, jendela konsol, dan sebagainya. Antarmuka yang menawarkan fasilitas seperti perintah pengalihan, pipa, scripting dengan pemrograman primitif terstruktur, dan sistem variabel global dan lokal.
e.  Graphic User Interface (GUI)
Sistem antarmuka Amiga yang asli disebut Intuition, yang menangani masukan dari keyboard dan mouse dan rendering layar, jendela dan widget dasar. Namun, hingga AmigaOS 2.0 tidak ada tampilan standar dan sering pengembang aplikasi harus menulis sendiri widget non-standar mereka (kedua tombol dan menu), dengan Intuition memberikan dukungan yang minimal.

•    Diagram Sistem AmigaOS

 Diagram di atas menunjukkan bagaimana seluruh sistem operasi Amiga dibangun sebagai pohon dimulai dari Sysbase. Exec terus menghubungkan semua daftar perpustakaan sistem, perangkat, memori, tugas dan struktur data lainnya. Masing-masing pada gilirannya dapat memiliki variabel sendiri dan daftar terkait struktur data yang dibangun di atasnya. Dengan cara ini, fleksibilitas OS tersebut diawetkan agar upgrade dapat dilakukan tanpa membahayakan kompatibilitas.


1 komentar:

 Mengenal Virus Ransomware dan Solusinya Pengertian Ransomware dan Cara Mengatasi Permasalahannya Pengertian ransomware dan cara mengatasi...